Amboina

Laporan ADD

Inspektorat Kota Harus Periksa Desa Yang Belum Memasukkan

MR-101 | Jumat, 12 Agustus 2016 - 15:57:53 WIB | dibaca: 98 pembaca

AMBON, MR. — Penjabat Walikota Ambon Frans J Papilaya meminta kepada Inspektorat Kota Ambon harus memeriksa Desa di Kota Ambon yang belum memasukan laporan Anggaran Dana Desa (ADD) “Saya minta untuk Inspektorat harus memeriksa Desa yang belum memasukan laporan ADD, harus ditanyakan kenapa sampai belum memasukannya,” ungkap Papilaya dalam sambutannya saat pertemuan bersama RT/RW di Kota Ambon yang berlangsung di Maluku City Mall (MCM), Kamis (11/8).
Dikatakan, laporan pertanggungjawaban ADD yang belum dimasukkan oleh desa janganlah berpikir negatif karena mungkin ada beberapa hambatan administrasi yang belum diselesaikan oleh desa tersebut.
“Masyarakat yang berada di tingkat desa haru berpikir positif tetntang laporan ADD yang belum sempat dimasukkan, mungkin saja administrasinya belum lengkap jadi desa tersebut belum memasukan laporannya,” kata Papilaya.
Dirinya percaya penggunaan Dana Desa dilakukan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang ada di tingkat desa. Olehnya itu, kalau ada pihak Inspektorat yang memeriksa desa yang belum memasukan laporan ADD maka itu merupakan tugasnya.
Diketahui, tugas dari Inspektorat sesuai dengan peraturan Pemerintah Daerah Nomor 10 Tahun 2008 adalah membantu Walikota dalam melakukan pembinaan atas penyelenggara pemerintah Desa atau Negeri.
Papilaya mengatakan, penggunaaan ADD harus di pergunakan seluas-luasnya untuk kepentingan masyarakat dan harus sesuai dengan kebutuhan bukan kepentingan perangkat desa.“Saya kira tahapan-tahapan penggunaan ADD itu jelas penggunaanya yakni dimusyawarakan dan melihat kepentingan di desa tersebut,” singkatnya.
Ditambahkan, kalau ada penggunaan Dana Desa yang dipergunakan tidak sesuai kebutuhan, maka seharusnya masyarakat melaporkannya kepada pihak Kecamatan dan Kelurahan. (MR-05)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)