Amboina

Pemkot Sosialisasi Penyaluran Bantuan Keuangan Parpol

MR-101 | Senin, 23 Oktober 2017 - 19:31:59 WIB | dibaca: 81 pembaca

AMBON, MR.com - Pemerintah kota Ambon melalui bagian Tata Pemerintahan Pemerintah kota Ambon menggelar sosialisasi verifikasi administrasi penyaluran, pertangungjawaban dan pemeriksaan bantuan keuangan kepada partai politik di kota Ambon, yang berlangsung di Amaris Hotel Ambon (23/10) .

Sosialisasi ini menghadirkan narasumber dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Maluku, Inspektorat Kota Ambon, Badan Pengelola keuangan dan aset daerah kota Ambon, serta bagian tata pemerintahan, dihadiri oleh pimpinan partai politik di Kota Ambon, pengurus partai termasuk perwakilan tiga anggota parpol dari setiap partai yang ada.

Sekretaris kota Ambon, AG Latuheru dalam sambutannya menyatakan, partai Politik tidak hanya menjadi saluran partisipasi politik warga negara, tetapi juga untuk mengintegrasikan para individu dan kelompok dalam masyarakat ke
dalam sistem politik. Bahkan partai politik tidak hanya berperan mempersiapkan para kader calon pemimpin bangsa untuk dicalonkan melalui pemilu untuk menduduki berbagai jabatan dalam legislatif maupun eksekutif tetapi juga memperjuangkan kebijakan publik sesuai aspirasi dan kepentingan masyarakat.

"Partai juga memiliki kewenangan untuk memperoleh bantuan keuangan yang bersumber dari APBN, APBD sebagaimana diatur dalam UU di bidang politik," jelas Latuheru.

Lanjutnya, sesuai peratutan Mendagri Nomor 6 Tahun 2017 tentang perubahan atas permendagri Nomor 77 tahun 2014 tentang pedoman tata cara perhitungan penganggaran dalam APBD dan laporan penggunaan bantuan keuangan partai politik termasuk peraturan BPK RI nomor 2 tahun 2015 tentang pemeriksaan pertanggungjawaban bantuan keuangan partai politik secara umum.

"Yang menjadi masalah dalam proses pembagian bantuan adalah keterlambatannya penyelesaian laporan pertanggungjawaban dari parpol sehingga masuk dalam temuan BPK RI," ungkapnya.
Diharapkan, partai politik yang ikut dalam sosialisasi ini dapat mengerti dan memahami tentang kewajiban dalam melakukan proses pertanggungjawaban laporan keuangan Parpol kepada pemerintah, agar kedepan semakin tertib dalam hal administrasi keuangan. (MR-06)










Komentar Via Website : 1
Cara Mengatasi Nyeri Haid
16 November 2017 - 09:05:10 WIB
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)