Maluku

Proposal Pemprov Belum Diterima Menteri Susi, DKP Lalai?

MR-101 | Senin, 23 Oktober 2017 - 08:43:45 WIB | dibaca: 211 pembaca

AMBON, MR.- Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sebelum terbang ke pulau Banda dari Ambon, menegaskan pihaknya belum menerima proposal yang disampaikan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku terkait dengan anggaran Rp.1.4 Triliun, sesuai permintaannya beberapa waktu lalu. 


Padahal, usulan proposal perikanan tersebut, telah diberikan sejak lama oleh Pemprov Maluku melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI.

"Benar ya Pak Gub? Saya belum terima, belum di meja saya, maaf ya," kata Menteri Susi di Bandara Udara Pattimura, Sabtu (21/10) sambil menanyakan kebenaran soal proposal kepada Gubernur Maluku Ir. Said Assagaff.

Meski belum menerima proposal, bukan berarti menurut menteri Susi, pihaknya tidak memberi perhatian kepada sektor perikanan di Maluku.

Buktinya, kata Susi yang gemar snorkeling dan diving ini, dirinya serta jajaran KKP, saat ini sementara membangun cold store di kota Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) dan di Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

"Makanya saya tadi bilang ke Pak Gub, bagaimana usulkan Dana Alokasi Khusus (DAK). Dan kita sekarang sementara membangun cold store di Saumlaki dan Moa," terangnya.

KKP RI juga disebut menteri Susi, mendukung Pemprov Maluku untuk melakukan ekspor ikan segar. Bahkan, pihaknya mendukung penuh, dan akan membantu mempermudah transportasi udara Saumlaki - Darwin (Australia Utara).

Lebih lanjut kata Susi, dirinya telah berkoordinasi dengan Menteri Perhubungan (Menhub) terkait penerbangan langsung tersebut. Dan telah ditetapkan, Kementerian Perhubungan akan subsidi maskapai Garuda untuk penerbangan langsung Saumlaki -Darwin.

“Kita akan bantu untuk mempermudah penerbangan langsung ke Darwin. Sudah saya bicarakan dengan Menhub, nanti akan subsidi Garuda untuk penerbangan langsung Kupang-Darwin, Saumlaki - Darwin," tandasnya.

Menteri Susi juga mengusulkan kepada Gubernur Assagaff, agar bisa mengusulkan pengadaan kapal ikan melalui DAK 2018 kepada pemerintah pusat. Mengingat hingga saat ini Provinsi Maluku belum menerima bantuan kapal ikan dari program 1.000 kapal Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Untuk diketahui, sebelum melakukan kunjungan kerja di Kepulauan Banda, Menteri Susi yang tiba di Bandara Udara Pattimura menggunakan pesawat khusus, lantas beristirahat sejenak di Ambon. Kedatangannya disambut Gubernur Maluku Ir Said Assagaff, Kapolda Maluku Irjen Pol Deden Yuhara, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Dony Monardo dan pejabat lingkup pemerintah provinsi Maluku.

Sementara di Bandara Bandanaira, Menteri Susi di sambut Sekda Provinsi Maluku Hamin Bin Thahir, Kepala Dinas Pariwisata Maluku, serta Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Maluku. (*)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)