Amboina

Sejumlah Motor Terjaring Razia

MR-101 | Senin, 04 September 2017 - 08:51:27 WIB | dibaca: 67 pembaca

AMBON, MR.- Polres Ambon dan P.P Lease, Sabtu (2/9) malam melakukan razia terhadap balapan liar, di sepanjang jalan Pattimura maupun Jan Paais. Hasilnya, kurang lebih 20 motor terjaring karena memiliki knalpot bising, tidak mempunyai helm maupun SIM/STNK.

Kapolres P. Ambon, Sucahyo Nugroho yang ditemui Mimbar Rakyat mengatakan, razia yang terjadi ini dalam rangka penertiban balapan liar. Apalagi, bertepatan dengan malam minggu, dimana intensitasnya makin tinggi dan sulit terkontrol.

"Kita razia balap liar, knalpot bising dan orang yang tidak pakai helm. Kalau tidak ada balap liar tidak mungkin juga ada operasi/razia. Apalagi tepat di malam minggu. Razia ditemukan banyak anak muda," tandas Kapolres.

Menurutnya, operasi terhadap balapan liar akan dilakukan tiap harinya, terutama saat malam minggu. Sampai ada kesadaran bersama, yang tidak lagi memakai jalan raya sebagai area adu balap. Semua akan normal, tergantung situasi.

"Jangan lagi ada kumpul-kumpul dan balap liar, karena biasanya masyarakat sebagai pejalan kaki yang jadi korban. Pengalaman membuktikan, Lakalantas sering terjadi karena balap liar, terutama rawan di sepanjang jalan Pattimura. Guna menghindari kecelakaan, masyarakat pun dihimbau hati-hati dan menggunakan helm saat berkendara siang dan malam, baik pengendara maupun boncengan," himbau Kapolres.

Maraknya balapan liar khusus di malam minggu turut mengundang perhatian berbagai pihak. Wakil ketua DPD GAMKI Maluku, Pieter Katayane dalam laman facebooknya menerangkan, setiap Sabtu malam jalan-jalan protokol di Ambon selalu jadi sirkuit balap. Mungkin sebabnya karena munculnya bibit pembalap muda yang tidak diimbangi fasilitas, atau ini fenomena tidak terkontrolnya pergaulan sosial di kalangan muda?. "Tanpa tendensi mencari siapa yang harus bertanggungjawab. Tapi bisa jadi ini gejala sosial sebagai dampak pertumbuhan kota yang tidak terkontrol. Haruskah situasi ini dibiarkan saja sebagai fenomena malam jalanan kota Ambon?. Rasa-rasanya harus ada regulasi yang ketat terkait hal ini agar situasi sosial kota tetap terkontrol dan terkendali," tanya Katayane sembari berharap. (MR-07)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)