Daerah

Sekda Buka Musda II KNPI Bursel

MR-101 | Rabu, 16 Agustus 2017 - 08:04:00 WIB | dibaca: 156 pembaca

NAMROLE, MR- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) dibawa kepemimpinan Hakim Souwakil (Ketua) dan Yusri Usbi (Sekretaris) menggelar Musyawarah Daerah (Musda) II, Senin.

Musda dipusatkan di ruang Aula Kantor Bupati dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bursel, Syahroel Pawa. Bupati Bursel,  Tagop Sudarsono Soulissa dalam sambutannya yang dibacakan Sekda mengatakan, pemuda merupakan kekuatan moral, kontrol sosial dan agen perubahan sebagai perwujudan dari fungsi, peran, karakteristik dan kedudukannya yang strategis dalam pembangunan nasional.

"Oleh karena itu, tanggung jawab dan peran strategis pemuda disegala dimensi pembangunan perlu ditingkatkan sesuai dengan nilai yang terkandung di dalam Pancasila dan amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945," katanya.

Sejalan dengan apa yang telah disampaikan, maka pemuda sebagai agen perubahan dan generasi masa depan dituntut mereposisi perannya melalui kontribusi yang nyata dalam masyarakat. Sebagaimana kita maklumi bersama, bahwa suatu kegiatan yang berhasil mencapai tujuannya, apabila dapat dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai rencana.

"Kegiatan Musda ini harus dapat terselenggara sesuai rencana, agar tujuan yang akan dicapai dapat terwujud," ujarnya.

Lanjutnya, kegiatan Musda KNPI diharapkan dapat memberikan kontribusi dan manfaat yang besar bagi peningkatan kapasitas pemuda dalam pembangunan, sekaligus bermanfaat bagi konsolidasi organisasi kepemudaan sebagai bagian dari komponen bangsa dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat di daerah.

Hal ini perlu diingatkan kembali, karena Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang organisasi kemasyarakatan telah menegaskan bahwa organisasi kemasyarakatan dapat memberikan andil yang besar dalam upaya bangsa mewujudkan cita-cita kemerdekaan.

"Itu berarti, kehadiran KNPI sebagai representasi organisasi kepemudaan, haruslah dapat memberikan nilai lebih dalam bentuk peran dan fungsinya," harapnya.

Karena itu, kiranya generasi muda Bursel dapat menunjukkan kualitasnya sebagai generasi harapan bangsa dalam melaksanakan proses demokrasi yang sesungguhnya di daerah ini.

Disadari sungguh bahwa KNPI sebagai tempat berhimpun seluruh organisasi kepemudaan, mempunyai tujuan dan kepentingan yang beragam.

"Harapan saya, Musda hendaknya dijadikan momentum dalam merajut kebersamaan, dengan mengesampingkan berbagai perbedaan, agar dapat menjalin harmonisasi dalam keberagaman demi kemajuan dan masa depan KNPI" ujarnya. (MR-K5)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)