Ekonomi & Bisnis

Semen Indonesia dan Sejumlah BUMN Goes to Unpatti

MR-101 | Sabtu, 28 Oktober 2017 - 20:00:34 WIB | dibaca: 396 pembaca

AMBON, MR.com - Bertepatan dengan hari sumpah pemuda ke 89 yang jatuh pada 28 Oktober 2017 hari ini, maka PT Semen Indonesia (Persero) Tbk bersinergi dengan enam (6) BUMN lainnya yakni PT Adhi Karya, PT Periknus, PT Perindo, PT Jakarta Loyd, PT Abipraya dan PT KBN goes to campus Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon sebagai bagian dari program kementerian BUMN yaitu BUMN hadir di kampus. Kegiatan ini dikemas dengan diskusi dan kuliah umum.

Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN, Hambra Samal mengatakan, kegiatan BUMN hadir di kampus diselenggarakan serentak pada 28 perguruan tinggi di Indonesia. Tujuannya sederhana untuk memberikan pemahaman kepada civitas akademika tentang kondisi perekonomian nasional serta peran strategis BUMN dalam pembangunan ekonomi nasional.

"Civitas akademika menjadi tujuan kegiatan karena para mahasiswa merupakan bagian penting dari generasi penerus bangsa yang diharapkan mampu mengubah bangsa Indonesia menjadi bangsa yang lebih baik, adil, makmur dan sejahtera. Selain itu, kami ingin para mahasiswa lebih mengenal BUMN, memahami peran, serta visi dan misi BUMN kemudian menjadi bagian dari program-program BUMN kedepan," tandas Samal, di Audiotorium Unpatti Poka, Sabtu (28/10).

Dikatakan Samal, banyak tantangan agar masyarakat Indonesia bisa maju dan berkembang serta menjadi empat (4) besar negara terkuat di dunia dari sisi ekonomi pada tahun 2040-2045. Tantangan tersebut meliputi inequality development, ketahanan energi dan pangan, infrastruktur dan industri dasar, akses layanan keuangan serta sumber daya manusia (SDM).

"Untuk itu para generasi muda kita inilah nantinya yang akan mengatasi permasalahan tersebut dan memastikan bahwa negara kita mampu menjadi salah satu negara besar," ungkap putera asal Huamual, SBB itu.

Sementara itu, Direktur Engginering dan Proyek PT Semen Indonesia, Tri Abdisatrijo menambahkan, selain mengajar dan berdiskusi dengan dosen dan mahasiswa, pada kegiatan ini PT Semen Indonesia dan Unpatti juga menandatangani nota kesepahaman terkait kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta peningkatan kualitas sumber daya manusia.

PT Semen Indonesia dalam kegiatan tersebut kata Tri juga memberikan bantuan senilai Rp 150 juta dan gabungan enam (6) BUMN memberikan bantuan sebesar Rp 450 juta. Bantuan tersebut diharapkan dapat digunakan untuk pengembangan pendidikan di Unpatti. Selain itu, gabungan tujuh (7) BUMN ini juga memberikan bantuan berupa beasiswa kepada 40 mahasiwa berprestasi, laptop dan bantuan operasional roda dua.

"Prinsipnya kita berharap digelarnya kegiatan ini, perusahaan BUMN dan perguruan tinggi senantiasa dapat melakukan kerjasama yang bersifat mutualisme. Peran positif dari perusahaan kepada perguruan tinggi, semoga dapat memberikan dampak positif juga dalam pengembangan keilmuan bagi mahasiswa," harapnya.

Rektor Unpatti, Prof M.J Saptenno pun mengapresiasi kegiatan yang baru pertama kali digelar di Unpatti dan tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat kampus, terutama mahasiswa karena selama ini mereka berpikir setelah lulus menjadi PNS. Padahal kerja dimana saja harus mereka lihat sebagai peluang dan di BUMN peluangnya sangat banyak, tinggal mempersiapkan diri secara baik untuk proses rekrutmen di BUMN.

"Terhadap perhatian dan bantuan BUMN bagi Unpatti, tentu prinsipnya Unpatti tetap melaksanakan tiga fungsi utama yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Bantuan itu pasti menyasar ketiga aspek itu. Mudah-mudah dengan kerjasama ini juga bisa meningkatkan lagi berbagai fasilitas termasuk kerjasama di bidang tertentu dengan BUMN yang jumlah banyak. Harapannya tentu kerjasama ini dapat direalisasikan kedepan, sebab apa yang disepakati bagian dari komitmen BUMN dan Unpatti," pungkas Saptenno.

Selain Deputi Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN dan Direktur Engginering dan Proyek PT Semen Indonesia, kegiatan BUMN hadir di kampus juga dihadiri direktur utama beberapa BUMN. (MR-05)










Komentar Via Website : 69
Harga Speaker ACR
02 Desember 2017 - 01:13:35 WIB
Harga Speaker ACR
Harga Speaker Aktif 15 Inch
02 Desember 2017 - 01:15:08 WIB
harga sound system
Speaker Aktif Terbaik
02 Desember 2017 - 01:15:35 WIB
Speaker Aktif Terbaik
harga speaker GMC
02 Desember 2017 - 01:16:20 WIB
harga speaker GMC
Harga Speaker Simbadda
02 Desember 2017 - 01:16:55 WIB
Harga Speaker Simbadda
harga speaker jbl
02 Desember 2017 - 01:17:36 WIB
harga speaker jbl
harga polytron big band
02 Desember 2017 - 01:18:06 WIB
harga speaker jbl
Speaker Aktif Simbadda
02 Desember 2017 - 01:18:45 WIB
harga speaker jbl
Harga Speaker Aktif Simbadda
02 Desember 2017 - 01:19:09 WIB
harga speaker jbl
Harga Speaker Aktif
02 Desember 2017 - 01:19:42 WIB
Simbadda


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)